Kamis, 09 Februari 2017

0

Tips Menghadapi UNBK Tahun 2017


Eh, tunggu sebentar. Keliataanya ada yang lagi semangat bener  nih buat hadepin un sampai baca postingan gue ( hehehe). Tenang, gak kamu aja kok tapi seluruh siswa se-Indonesia pastinya juga akan menghadapi UN yang tinggal beberapa bulan lagi. Untuk meraih nilai yang tinggi tentunya juga harus dibekali dengan berbagai persiapan.Dengan mengucap" Bismillah" berikut ini adalah beberapa tips dari aku untuk menghadapi UNBK.

  1. Tentukan Target Nilaimu
Ini adalah cara yang pertama yang aku lakukan. Buatlah sebuah mimpi tentang berapa nilai yang akan kamu peroleh dan sekolah mana yang nanti akan menjadi tujuanmu. Hal ini semacam penyemangat dalam belajarmu nanti. Bila perlu, buatlah poster yang isinya target nilaimu dan sekolah tujuanmu di kamar/ ruang belajar. Dengan begitu kamu akan selalu ingat akan targetmu.
            
      2.  Berdoa dan Perbanyak Ibadah

Setelah kamu telah menetapkan targetmu, kemudian langkah selanjutnya adalah berdoalah kepada Tuhan secara sungguh-sungguh tentang target yang akan kamu capai. Kemudian perbayaklah ibadah kepadanya. Dengan begini kita mengharapkan kemudahan dan pertolongan-Nya dalam menghadapi UNBK nanti.

      3. Meminta Restu kepada Kedua Orang Tua dan Guru

Kenapa hal ini perlu? Karena seperti yang telah kita ketahui ridho nya Allah itu adalah ridhonya orang tua. Jadi alangkah baiknya kita meminta doa restu kepada orang tua kita dan tentunya juga guru sebagai orang tua kita di sekolah

      4. Belajar dan Terus Berlatih

Ini adalah hal yang paling wajib kamu lakukan. Untuk bisa sukses menghadapi UNBK, tentunya kamu harus menguasai materi yang akan diujikan. Pahamilah kisi-kisi UNBK kemudian pelajari materinya dan merangkum. Merangkum selain membuat kamu lebih mudah mengingat pelajaran juga bisa menghemat waktu kamu untuk belajar di hari H nanti. Kemudian sering-seringlah berlatih soal. Untuk kamu yang menghadapi UNBK , kamu wajib untuk terus berlatih simulasi UNBK. Biasanya aplikasi ini tersedia di VCD dalam buku-buku UN atau sekolah kamu sering mengadakan pelatihan.

      5. Puasa 

Eh, maksudnya puasa disini apa? maksudnya kamu wajib "puasa" dari hal-hal yang dapat menggangu kosentarsi belajar kamu mulai dari main game, main hp, atau aktivitas lainnya. Lebih baik isi watumu untuk belajar daripada menyia-nyiakannya untuk hal yang kurang bermanfaat. Ingat , UN bentar lagi bro..

      6. Tetap Menjaga Kesehatan

Belajar keras boleh, tapi jangan sampai membuat fisikmu menjadi sakit. Kamu harus selalu menjaga kesehatan terutama untuk hari -H nanti. Caranya adalah makan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga.

     7. Tawakkal dan Optimis

Setelah kamu berusaha dengan sekuat tenaga, maka langkah yang perlu lakukan adalah bertawakkal kepada-Nya dan tetap optimis ketika mengerjakan UNBK. UNBK bukanlah suatu hal yang menakutkan, tapi suatu hal yang harus kamu hadapi. Hadapilah UN dengan penuh keyakinan terhadap kemampuan dirimu dan kerjakan dengan jujur, maka insyaallah nilai yang kamu peroleh akan menjadi berkah.

Nah,guys itulah beberapa tips dari aku untuk menghadapi UNBK. Kalau gitu tunggu apalagi, buruan belajar! Ingat, UN bentar lagi loh..

0 komentar:

Posting Komentar