Kamis, 12 Januari 2017

4

Cara Menurunkan Berat Badan untuk Remaja Secara Sehat


Hi guys welcome to my blog..!! Btw ini adalah postingan blog pertamaku , yeayy. So, pada postingan kali ini aku akan mensharing pengalaman pribadiku tentang bagaimana cara menurunkan berat badan. Yeah, setiap cewek maupun cowok pasti mendambakan berat  badan yang ideal. Apalagi di masa remaja seperti saat ini, ya mungkin karena ada yang malu dibilang "gendut",atau  pingin punya doi ( ahay..), atau gak kalian ingin ikut-ikutan aja. Tetapi kita memang perlu loh guys untuk menjaga berat badan kita. Salah satunya untuk menjaga diri kita dari penyakit obesitas. Karena segala penyakit itu berawal dari berat badan yang berlebihan seperti diabetes, penyakit jantung dll. Ihh serem kan? Kalau gitu yuk langsung disimak aja beberapa tips dari aku untuk menurunkan berat badan secara sehat.

1. Niat
Yaps, ini adalah modal yang utama bagi kalian yang ingin memiliki berat badan yang ideal. Kalian harus yakin pada diri kalian bahwa " Saya harus kurus. Kalau tidak mulai sekarang kapan lagi. Segala rintangan akan saya lalui demi berat badan yang ideal". Kemudian tentukan target berat badan ideal yang ingin kamu capai.
                                                    

2. Atur Menu dan Pola Makan

Aku dalam dietku menerapkan perbandingan 2:3:1. Maksudnya apa sih? Jadi pada pagi hari dalam menu sarapan harus ada kandungan karbohidrat,protein,dan vitamin. Tetapi usahakan kalian mengganti nasi putih yang biasanya dikonsumsi oleh orang Indonesia untuk memenuhi karbohidrat dengan makanan lain, seperti roti gandum,oatmeal,kentang rebus dan sumber karbohidrat lainnya. Untuk protein bisa dengan telur dadar,ikan dll. Untuk vitamin bisa juga dengan sayuran. Pada siang hari kalian bisa makan nasi,lauk pauk,dan sayuran. Usahakan nasi putih diganti dengan nasi merah. Namun jika kamu belum terbiasa,kamu bisa mencampurkan nasi putih dengan nasi merah. Dan untuk malam hari kamu hanya diperbolehkan makan buah. Seperti apel,pisang dll. Dan ingat jangan makan malam diatas jam 7 karena itu akan menyebabkan perutmu akan bertambah buncit.

Selain menerapkan pola diet diatas,kalian juga harus menghindari makan manis,minuman manis,camilan dll. Jika kamu ingin camilan ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk orang diet:
A.Kacang-kacangan
B. Yoghurt murni
C.Coklat Hitam
D.Agar-agar
                                      

3.Olahraga

Dengan berolahraga maka tubuhmu akan membakar kalori secara lebih cepat. Berolahragalah sesuai dengan hobimu atau bergabunglah dengan ekstrakulikuler olahraga yang ada di sekolah. Dibawah ini ada beberapa refrensi jenis olahraga beserta perkiraan kalori yang terbakar jika dilakukan selama 1 jam.
                                        
4.Bentuklah Sebuah Grup

Grup yang saya maksud disini adalah sekumpulan dari teman-teman kamu yang juga memiliki tekat dan tujuan yang sama denganmu. Dengan begitu kalian akan bisa saling memotivasi satu sama lain, berolahrga secara bersama-sama,mengawasi menu makanan satu sama lain. Dengan begini program diet akan terasa lebih menyenangkan bukan?
                                     
 
5. Tetaplah Konsisten

Ini adalah kunci yang terakhir. Disini kamu butuh kesabaran untuk mewujudkan berat badan ideal kamu. Berat badan tidak bisa turun secara drastis, tetapi bertahap. Karena itu kamu harus tetap semangat dan optimis kepada tujuan kamu.


Itu adalah beberapa tips dari aku tentang cara diet remaja secara sehat. Ini sudah aku buktikan loh. Karena aku tetap bersemangat alhamdulillah selama 1 tahun aku berhasil menurunkan berat badanku sebanyak 10 kg ( WOW).

Berikut ini adalah fotoku sebelum dan sesudah melakukan diet:
       


Ketika berat badanku masih 68-70 kg

                                                   Ketika berat badanku sudah 58 kg                                                                                              ( Yeayy!! Tapi aku masih pingin ngurangin lagi sih.)

Jika kamu punya tips lain atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya..thank you for your appreciate. And see you again on my next post.

4 komentar: